histats




histats

histats

Tuesday, March 27, 2018

Cara Belajar Komputer




















7 Hal dasar yang harus diketahui untuk cara belajar komputer

Komponen
Terdiri dari : Prosesor, RAM, Hard drive, Video card
Tambahan : Keyboard, Mouse, Monitor dll

Desktop
Trik & tips desktop yang akan memudahkan pekerjaan. Misalnya : membuat shotcut, membuat pinned programs, mengatur tampilan tray icon, memaksimalkan fungsi-fungsi pada start menu dll

Software
Misal : tentang menjalankan sebuah aplikasi, membuat dokumen yang sudah ada, menyimpan dokumen, dan mencetak dokumen.

Perawatan Komputer

Tweaking
Mengganti tema, suara, screen resolution, hingga ke tweaking konfigurasi

Virus Komputer
Pilih antivirus yang tepat

Troubleshooting
Belajar komputer harus berpikir kreatif.


Cara Proteksi Virus dari Komputer

  • Virus sebenarnya lain dengan trojan atau worm, tapi pada prakteknya penyebarannya virus banyak dimanfaatkan oleh program worm dan trojan.
  •  Trojan adalah sebuah program yang dapat dijalankan (biasanya ber-ekstension EXE) oleh pengguna komputer dan ketika program tersebut dijalankan, dia akan merubah sesuatu dari sistem komputer kita (pada umumnya registri windows yang diubah). Kalau virus itu residen di memori dan dia akan merubah file yang biasanya ber-ekstention EXE / COM dan kadang-kadang file tersebut menjadi rusak. 
  • Worm (cacing) merupakan program kecil yang berupa script yang bisa nempel dimana saja, bahkan bisa nempel di html file (file website) .Program antivirus pada umumnya menggabungkan semua worm dan torjan dalam kategori virus, semua virus tersebut di kasih kode seperti worm : w32/sober 

Penyebaran Virus dulunya hanya bisa melalui media luar seperti disket, tapi sekarang virus pada umunya memanfaatkan teknologi internet untuk menyebar luas. Cara masuknya bisa melalui E-mail (attachment), Mirc, Messenger (kirim / download file).

Cara Mengatasi Virus, antara lain :

  1. Jangan membuka / menerima file yang di dapat dari E-mail, Mirc & Messenger kalau anda belum kenal dengan pengirimnya dan belum yakin file itu berisi virus.
  2. Kalau anda browser ke situs yang tidak anda kenali matikan program hava & java script. Matikan juga fitur install auto / intall on demand supaya program yang berisi virus tidak akan masuk secara otomatis ke komputer.
  3. Kalau membuka disker, CD, DVD, USB drive dan media luar apapun bentuknya, scan dahulu dengan program antivirus untuk memastikan itu benar-benar aman.
Cara agar aman dari virus :

  1. Punya cadangan penyimpan data / file system backup sistem dan data sangat diperlukan. Cara backup pada WinXP dan WinMe dengan create restore point dahulu di program>accesories>system tools?system restore. Win98 bisa pakai microsoft backup dengan membackup folder windows semuanya. Khusus untuk data, WinXP & WinMe juga harus menggunakan microsoft backup karena system restore tidak 100% mengembalikan data. System schedule windows / program lainnya yang berfungsi sebagai otomatis backup, ketika lagi idle tapi untuk pastinya WinXP & WinMe juga harus memakai program tersebut supaya bila terjadi apa-apa anda tinggal me-restore kembali.
  2. Merubah attribut dari file EXE menjadi READ ONLY / cuma bisa dibaca. Caranya : menggunakan search dari windows, kemudian cari semua program yang ber-ekstention EXE (search key-nya *EXE) di folder windows. Setelah itu blok semua program yang tampil (ctrl + a) terus klik kanan pilih properties. Setelah itu pilih READ ONLY di bagian bawah kotak pilihan atributes. Bagi yang tahu DOS (command prompt) bisa menggunakan perintah ATTRIB, fungsinya sama saja dengan cara di atas. Contoh : c\windows>attrib+r*exe. Kalau anda ingin lebih yakin virus bisa mendeteksi hal tersebut, anda bisa tambahkan pilihan HIDDEN (menyembunyikan file) di sebelah kanan dari READ ONLY untuk menampilkan file HIDDEN ketika membuka folder di komputer pilih "SHOW ALL HIDDEN FILES" di folder option.



Good Luck ;)
Semoga Sukses :)




No comments: